Apa itu Unicorn dalam bisnis start up dan Siapa Unicorn di Indonesia?

Apa itu Unicorn dalam bisnis start up dan Siapa Unicorn di Indonesia?

Kata unicorn sontak menjadi pembicaraan setelah debat capres yang digelar 17 februari 2019. Sebutan unicorn menjadi pertanyaan dari capres nomor urut 1 (Joko Widodo)terhadap capres nomor urut 2 (Prabowo Subianto).

Saat itu, jawaban dari Prabowo Subianto terkait tentang pengembangan unicorn di Indonesia menjadi perbincangan banyak kalangan . Untuk lebih mengenal istilah unicorn dan apa saja unicorn di indonesia, Mari simak penjelasannya dibawah ini :

Apa itu Unicorn

Biasanya kata “unicorn” merujuk ke kuda poni bertanduk satu dalam cerita dongeng. Namun, bukan itu arti istilah unicorn dalam dunia bisnis start up. Istilah Unicorn merujuk kepada perusahaan privat yang memiliki nilai lebih dari U$1 Milliar (bila dirupiahkan mencapai 13,5 Triliun).

Istilah ini pertama kali dinyatakan oleh pemodal asal AS bernama Aileen Lee pada tahun 2013. Penyebutan unicorn dipilih karena perusahaan rintisan atau start up dinilai tidak mungkin dapat bertahan sampai memiliki nilai setinggi itu. Di Asia Tenggara sendiri, perusahaan start up yang dijuluki unicorn baru berjumlah 8 perusahaan saja.

Unicorn di Indonesia

Di Indonesia, sudah ada empat perusahaan yang termasuk ke dalam kategori unicorn. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah gojek, traveloka, Bukalapak dan Tokopedia. Berikut adalah informasi lengkap dari masing-masing perusahaan tersebut :

1. GoJek

GoJek merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi online. Kita pasti akrab dengan layanan dari GoJek seperti Go Ride, Go Food, dan lain-lain. Perusahaan ini didirikan di tahun 2010 oleh Nadiem Makarim.

GoJek menjadi perusahaan unicorn pertama dan tertinggi nilainya di Indonesia setelah menerima dana investasi sekitar 550 juta Dollar Amerika.

Dana tersebut didapatkan dari konsormiun delapan investor yang dipimpin Sequoia Capital dan Warburg pada tahun 2016. Selain itu, Gojek pun menerima dana sebesar 1,2 Miliar Dollar Amerika dari Tencent.

Hal tersebut menjadikan Gojek perusahaan yang memiliki dana 1,75 Miliar Dollar dan menduduki posisi pertama di strata Unicorn Indonesia.

2. Tokopedia

Perusahaan e-commerce ini pasti sudah tidak asing lagi di Indonesia. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya pada tahun 2009 (setahun sebelum GoJek). Tokopedia menjadi perusahaan unicorn setelah menerima dana sebesar 1,1 Miliar dari Alibaba.

Dana tersebut didapatkan pada 17 Agustus 2017. Perusahaan Tokopedia berhasil menjadi Unicorn tertinggi kedua di Indonesia dalam kurun waktu enam tahun.

3. Traveloka

Traveloka merupakan perusahaan start up berbasis travel online. Perusahaan ini didirikan oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang pada tahun 2012.

Traveloka akhirnya mendapatkan gelar unicorn setelah mendapatkan dana sebesar 350 juta dollar Amerika.  Dana tersebut didapatkan pada tanggal 27 juli 2017 dari Expedia.

Dengan mendapatkan dana tersebut, Traveloka menjadi salah satu perusahaan unicorn di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun. Traveloka juga menjadi peringkat pertama untuk kategori layanan pencarian serta pemesanan tiket pesawat (di luar situs resmi maskapai).

4. Bukalapak

Perusahaan ini sedang hangat menjadi perbincangan karena maraknya hashtag “uninstall Bukalapak”. Bukalapak juga merupakan salah satu Unicorn di Indonesia ke-empat sejak 10 Januari 2018 (perayaan ulang tahun Bukalapak ke-8).

Nilai valuasi dari perusahaan Bukalapak serta investornya  masih dirahasiakan oleh Ahmad Zaky (CEO Bukalapak). Ahmad Zaky sendiri menganggap status unicorn yang didapatkan perusahaannya sebagai pencapaian. Saat ini, Bukalapak sudah memiliki sekitar 35 juta pengguna aktif di seluruh Indonesia.

Itulah perusahaan-perusahaan yang bergelar unicorn di Indonesia. Saat ini, pemerintah sedang berusaha untuk menambah lagi perusahaan yang menjadi unicorn.

Target dari pemerintah adalah muncul satu unicorn baru setiap tahunnya. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia akan terus memantau serta mengakselerasi proses tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *